Yakesma Sumbar Kirim Bantuan 1.440 Paket Pangan untuk Pengungsi Palestina di Rafah

Laznas Yakesma Sumatera Barat (Sumbar) telah berhasil mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina berupa 1.440 box Paket Pangan. Pengiriman ini merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Proses penyaluran dimulai pada tanggal 14 Januari 2024, dan bantuan akan disalurkan secara bertahap kepada sekitar 8000 pengungsi yang berada di Rafah, Gaza Selatan.

Proses penyerahan donasi ini bermula pada bulan Desember 2023, ketika Laznas Yakesma Sumbar menggelar aksi donasi dan roadshow ke berbagai lembaga. Mereka mengirim proposal ke setiap pemerintah provinsi dan setelah melakukan konfirmasi, Laznas Yakesma terpilih sebagai mitra yang dipercaya menyalurkan donasi dari masyarakat Sumbar. Keterlibatan aktif dalam kegiatan kemanusiaan sebelumnya membuat Laznas Yakesma Sumbar dipercaya sebagai lembaga penyalur donasi untuk Palestina.

Menurut Orizo, Kabid PHP Yakesma Sumbar, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Sumatera Barat terhadap penderitaan rakyat Palestina yang masih terus berlangsung.

“Masyarakat Sumbar sangat peduli dengan Palestina. Hal ini terbukti dari antusiasme mereka dalam berdonasi untuk membantu saudara-saudara kita di sana,” kata Orizo.

Bantuan yang akan disalurkan berupa kontainer kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, gula, susu, dan mie instan. Bantuan ini akan disalurkan secara bertahap kepada sekitar 8.000 pengungsi yang berada di Rafah, Gaza Selatan.

“Bantuan ini akan fokus disalurkan ke Gaza Selatan, karena Gaza Utara semakin sulit dijangkau. Masyarakat Gaza Utara nanti akan dihimbau untuk mengungsi ke Gaza Selatan.” ujar Faris, salah satu relawan Yakesma yang akan turut menyalurkan bantuan ke Palestina. 

Pemberangkatan bantuan dari Indonesia ke Palestina akan menunggu pembukaan gerbang Rafah oleh pemerintah Mesir. Gerbang Rafah merupakan satu-satunya jalur perbatasan antara Gaza dan Mesir yang dibuka secara resmi.

Yakesma Sumbar telah berkoordinasi dengan rekan mereka di Mesir untuk memantau perkembangan pembukaan gerbang Rafah. Jika gerbang Rafah dibuka, bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan segera dikirimkan.

Bantuan pangan yang akan disalurkan diharapkan dapat meringankan penderitaan para pengungsi Palestina di Rafah dan membantu mereka bertahan hidup. Yakesma Sumbar, Pemprov Sumbar, dan masyarakat Sumbar secara umum berharap agar situasi di Palestina segera membaik dan para pengungsi bisa kembali hidup dengan damai di tanah air mereka.

“Kami bersyukur atas dukungan masyarakat Sumbar dan Pemprov Sumbar yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Palestina,” ujar Orizo, pihak Yakesma Sumbar. “Kami berharap bantuan ini dapat memberikan secercah harapan bagi para pengungsi Palestina dan membawa mereka menuju kehidupan yang lebih baik.”

Sebelumnya, Yakesma juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui berbagai stakeholder, diantaranya 1000 L air bersih di Gaza Utara, 300 paket makanan siap saji, donasi melalui Baznas tahap pertama (Oktober), 520 paket hygiene kit di Gaza, bantuan alat medis dan kesehatan, 2500 L air mineral di Gaza Selatan, 25 Desember 2023 ambulans bekerja sama dengan D’Besto, seremoni penyaluran melalui baznas tahap kedua pertengahan Desember 2023.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    KEUTAMAAN SEPULUH HARI BULAN DZULHIJJAH

    Allah melebihkan seseorang dari orang lainnya, memuliakannya dan mengangkat derajatnya. Allah juga memilih tempat beberapa Istimewa melebihi yang lainnya, seperti dua tanah haram dan negeri Palestina yang diberkahi. Allah juga [...]
    Baca
    Tentang Kami
    Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) didirikan pada 4 juli 2011, sebagai sebuah lembaga amil zakat yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat dan mereka yang telah berjasa dalam pengajaran pendidikan keterampilan pemberdayaan dan dakwah di masyarakat.
    Kontak Yakesma
    Jalan Teluk Jakarta No.9
    Komp. AL Rawa Bambu, Pasar Minggu,
    Jakarta Selatan 12520
    Telp: (021) 22 789 677 | WA. 0822 7333 3477
    Email: welcome@yakesma.org
    Sosial Media
    2023 - Yayasan Kesejahteraan Madani