January 21, 2021

Relawan Bencana Memang Beda!

Responsive image

Inilah salah satu fitrah manusia yang Allah Ta’Ala tanamkan pada diri setiap orang. Baik dia sebagai orang yang beriman maupun seseorang yang masih dalam kekafirannya.

Karena memang, Allah Ta’Ala menjadikan baik dan indah bagi manusia memandang kehidupan ini. Sebagaimana Firman Allah Ta’Ala berbunyi ;

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imran [3]: 14)

Ayat tersebut memberikan pesan kepada kita bahwa kecintaan kepada apa yang menjadi sarana hidup didunia ini adalah hal yang wajar dan sah-sah saja. Namun akan menjadi lain jika semua yang diinginkan dan dicintai tersebut, lebih mendominasi dalam mengisi kehidupan kita sehari-hari.

Yang menyebabkan kita menjadi hamba dan budak dunia, lalai dan lupa akan hakekat kehidupan diatas dunia ini adalah hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’Ala. Sebagaimana dalam Firman-NYA yang berbunyi :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. (QS.51:56).

Ditengah kondisi seperti sekarang ini dimana sebagian besar manusia dimuka bumi lebih agresif dalam mencari nafkah atau materi hanya untuk pemenuhan kepuasan hawa nafsunya pribadi, bahkan mereka sangat kikir untuk berbagi satu dengan yang lainnya.

Justru kita menemukan sekelompok minoritas manusia yang menggadaikan dan mewakafkan dirinya untuk peduli dan membantu orang lain yang sedang menghadapi berbagai musibah. Baik itu musibah disebabkan karena bencana alam, atau karena faktor manusianya. Ini mereka lakukan hanya untuk mendapatkan keridhoan dari Allah Ta’Ala.

Merekalah yang dikenal dengan nama RELAWAN KEMANUSIAAN, dengan berbagai nama lembaga dan institusi yang memayunginya. Baik mereka yang bernaung dibawah lembaga atau institusi Relawan Kemanusiaan yang bergerak di bidang Medis atau Kesehatan, seperti BSMI, ACT. Atau yang bergerak dibidang ZISWAF seperti Yakesma, IZI, HI, Dompet Duafa’, Lazmuh dan lain-lainnya.

Relawan Kemanusiaan adalah orang-orang yang selalu siap untuk membantu siapa pun ketika sedang menghadapi bencana alam atau musibah. Tanpa memandang status sosial, agama dan latarbelakang yang akan ia bantu.

Mereka yang bekerja siang dan malam, sepenuh tenaga dan pemikiran tanpa dibayar oleh pihak manapun dan mengharapkan balasan apapun dari manusia. Membantu orang lain dengan sebuah kesadaran dan keyakinan, bahwa sesungguhnya apa yang dilakukannya untuk kemanusiaan.

Sebuah pemahaman dan keyakinan sekecil apapun peran dan bantuan yang diberikannya tidak ada yang sia-sia dimata Allah Ta’Ala. Mereka menyakini setiap kebaikan yang dilakukannya, akan berbuah kebaikan untuknya juga. Sebagaimana Firman Allah Ta’Ala berbunyi

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. (QS.17:7)

Dan Hadist Rasulullah Saw :
خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (Hadits Riwayat ath-Thabrani ).

Pesan yang ingin disampaikan dalam Ayat Qur’an dan Hadist tersebut adalah, kebaikan-kebaikan apapun yang kita lakukan, termasuk dalam membantu orang-orang yang sedang kesulitan, kesempitan dalam kehidupannya, apalagi dalam kondisi bencana alam, maka Allah Ta’Ala tidak akan menyia-yiakannya.

Allah Ta’Ala akan membalas semua kebaikan-kebaikan tersebut. Baik balasan tersebut dibalas segera atau entah kapan Allah Ta’Ala akan membalasnya yang seorangpun tidak dapat mengetahuinya. Yang pasti setiap amal kebaikan pasti akan mendapatkan ganjaran baik ketika masih hidup didunia, maupun nanti setelah diakhirat.