Pulihkan Trauma Anak Korban Gunung Ruang, YHKS dan YAKESMA Gelar Trauma Healing: Bantu Pemulihan Psikologis Anak Korban Bencana

Manado – Dampak bencana alam erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut ) beberapa waktu lalu, menyisahkan trauma tersendiri bagi para korban terutama bagi para Anak-anak yang saat ini di tempatkan di kem pengungsi tumou tou yang berada dijalan Daan Mogot Paal 4, Kota Manado.

Rasa kepedulian kemanusiaan ini membuat Yayasan Hijabers Kawanua Sulut (YHKS) bekerjasama dengan Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) Sulut melaksanakan kegiatan yang dikemas menarik untuk memulihkan trauma tersebut, seperti yang terpantau sekitar 45 Anak korban bencana Gunung Ruang diajak kesalah satu restoran di kawasan Mega Mas pada Minggu (19/05/2024) lalu.

Kegiatan program Trauma Healing ini menurut Ketua Yayasan Hijabers Kawanua Sulut (YHKS) Faujiah Stella Pakaya menggandeng beberapa pihak diantaranya Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) Sulut Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (DP3AD) Provinsi Sulawesi Utara,  DP3AD Kota Manado, Mahasiswa Psikologi UNIMA Tondano.

” Ini merupakan satu tindakan kongkrit kami dan rasa kepedulian terhadap korban bencana erupsi gunung ruang yang ada di Kabupaten Sitaro, terutama untuk mengobati trauma kepada Anak-anak korban bencana. Intinya kami dalam melaksanakan kegiatan ini untuk menyenangkan hati Anak-anak agar mereka sedikit terhibur dan bisa semangat lagi untuk melanjutkan cita-cita yang meraka inginkan, seperti yang dilakukan saat ini dengan berbagai games antaranya menyanyi dan menari yang di pandu teman -teman Mahasiswa Psikologi Unima semoga menghibur hati mereka,”Ujar Ketua Stella.

” Yayasan Hijabers Kawanua Sulut, Merupakan Organisasi Ibu-Ibu Muslim yang ada di Sulut, disini kami tidak memandang suku dan agama, kepedulian kemanusiaan yang lebih kita utamakan, seperti Anak-akan korban pbencana umumnya beragama Nasrani kami hanya ingin berbagi membahagiakan mereka, begitu juga dengan beberapa kegiatan sosial yang telah dilaksanakan ditempat lain seperti waktu terjadi bencana di Palu pada Waktu Lalu,” Ujar Mantan Jurnalis dan Anggota Dewan Kota Manado ini.

Sementara itu, mewakili YAKESMA Sulut Anggono Prasetyo mengatakan kerjasama antara YAKESMA Sulut dan YHKS sudah beberapa kali di adakan seperti pada bulan puasa lalu Kami melaksanakan kegiatan bersama-sama dalam acara buka puasa bersama Sejumlah Panti Asuhan yang ada di Kota Manado.

anggono yakesma

” Ini merupakan kegiatan positif yang sesuai dengan Visi dan Misi kami terutama dalam kegiatan Sosial Kemanusian dalam membantu pemulihan trauma Anak-Anak Korban Bencana Gunung Ruang yang ada di Kabupaten Sitaro.” Jelas Anggono.

Ditempat yang sama Mewakili Pemerintah Provinsi Sulut Diwakili Sekretaris DP3AD Sulut Ir. Nelda Luntungan mengatakan Kegiatan ini sangat positif dimana mereka harus dipulihkan traumanya terutama Anak -Anak korban bencana Gunung Ruang.

” Kami Sangat berterimakasih kepada YAKESMA dan YHKS yang telah mengadakan kegiatan ini, dan telah membantu Program Pemerintah Provinsi Sulut dalam mengatasi trauma korban bencana Gunung Ruang,” Ujar Nelda.

Kegiatan ditutup dengan pembagian bingkisan dan Makanan siap saji

(Yudi Bastian – ODCNews.com)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    KEUTAMAAN SEPULUH HARI BULAN DZULHIJJAH

    Allah melebihkan seseorang dari orang lainnya, memuliakannya dan mengangkat derajatnya. Allah juga memilih tempat beberapa Istimewa melebihi yang lainnya, seperti dua tanah haram dan negeri Palestina yang diberkahi. Allah juga [...]
    Baca
    Tentang Kami
    Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) didirikan pada 4 juli 2011, sebagai sebuah lembaga amil zakat yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat dan mereka yang telah berjasa dalam pengajaran pendidikan keterampilan pemberdayaan dan dakwah di masyarakat.
    Kontak Yakesma
    Jalan Teluk Jakarta No.9
    Komp. AL Rawa Bambu, Pasar Minggu,
    Jakarta Selatan 12520
    Telp: (021) 22 789 677 | WA. 0822 7333 3477
    Email: welcome@yakesma.org
    Sosial Media
    2023 - Yayasan Kesejahteraan Madani