August 2, 2022

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi Pada 10 Muharram

Responsive image

Sebagai seorang muslim, alangkah baiknya kita mengetahui peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram yang menjadi salah satu dari 4 bulan haram (bulan yang dimuliakan).

Tanggal 10 Muharram atau hari Asyura dikenal oleh banyak kalangan dikarenakan tragedi Karbala, yaitu hari dimana Hussein bin Ali, cucu Nabi Muhammad SAW terbunuh.

Namun sesungguhnya, bukan hanya kejadian itu saja yang pernah terjadi pada bulan Muharram, sedikitnya ada 7 )tujuh) peristiwa penting para Nabi yang terjadi pada 10 Muharram.

 

  1. Peristiwa Taubatnya Nabi Adam AS dari dosa-dosanya, dan taubat tersebut diterima oleh Allah SWT.
  2. Peristiwa berlabuhnya kapal Nabi Nuh AS di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia pada saat itu dilanda banjir yang luar biasa dan membinasakan.
  3. Peristiwa selamatnya Nabi Ibrahim AS dari pembakaran yang dilakukan oleh raja Namrud.
  4. Peristiwa dibebaskannya Nabi Yusuf AS setelah hukuman penjara mesir karena fitnah.
  5. Peristiwa selamatnya Nabi Yunus AS dari perut ikan paus.
  6. Peristiwa sembunya Nabi Ayyub AS dari ujian penyakit yang dideritanya.
  7. Persitiwa selamat dan kembalinya Nabi Musa AS beserta kaum Bani Israil dari kejaran Fir’aun di Laut Merah, Nabi Musa AS beserta umatnya berhasil lari ke gunung Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

Demikianlah kisah-kisah yang terjadi pada 10 Muharram, mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita semua sebagai seorang muslim. Wallahua’lam bishhawab.