Kunjungi Korban Gempa Lombok, Relawan Yakesma Berikan Trauma Healing

Trauma healing adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami yang diakibatkan shock atau trauma.

Sehubungan dengan terjadinya Bencana Gempa Lombok beberapa waktu lalu, diperlukan berbagai penanganan baik secara fisik maupun psikologis terhadap para korban. Selain aktif melakukan evakuasi dan penyaluran bantuan, Relawan Yakesma juga melakukan Trauma Healing bagi anak-anak. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan trauma yang dialami mereka pasca bencana. Kegiatan Trauma Healing diberikan oleh seorang psikolog anak, Bpk Effendi Muharam, S.Psi dan rekannya Arif Budiman. Pemberian kegiatan trauma healing dilakukan di 3 dusun, yakni di Dusun Mentareng, Desa Obel-Obel, Kec. Sambelia, Lombok Timur, Desa Sugian, Kec. Sambelia dan Dusun Padamara – Desa Batuyang, Kec. Pringgabaya.

Berangkat sejak tanggal 31 Agustus, para relawan trauma healing akan bertugas menetap selama beberapa hari di kabupaten Lombok Timur. “Selain bermain, bercanda ria, berbagi bahagia dan bernyanyi bersama, kami juga membawa peralatan bermain untuk anak-anak. Tak sedikit dari anak-anak pengungsi gempa Lombok memegang erat dan memeluk kami di sela membangun keakraban.” ungkap Arif Budiman, Relawan Yakesma Sumatra Barat.

Ketakutan mereka masih belum dapat terlepas dari gempa yang mereka alami ratusan kali, yang meruntuhkan rumah rumah mereka dalam sekejap. Gempa dahsyat yang terjadi 3 kali dan gempa susulan yang terjadi ratusan kali membuat rumah-rumah, sekolah, minimarket, gedung, ladang, tempat bermain mereka hancur rata dengan tanah. Kenangan-kenangan manis masa kecil mereka kini berubah sunyi di pengungsian. Mereka butuh penanganan yang dapat memulihkan kondisi psikologis mereka. Semoga dengan adanya Trauma Healing ini, anak-anak bisa kembali ceria dan trauma yang mereka alami dapat terobati.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    KEUTAMAAN SEPULUH HARI BULAN DZULHIJJAH

    Allah melebihkan seseorang dari orang lainnya, memuliakannya dan mengangkat derajatnya. Allah juga memilih tempat beberapa Istimewa melebihi yang lainnya, seperti dua tanah haram dan negeri Palestina yang diberkahi. Allah juga [...]
    Baca
    Tentang Kami
    Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) didirikan pada 4 juli 2011, sebagai sebuah lembaga amil zakat yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat dan mereka yang telah berjasa dalam pengajaran pendidikan keterampilan pemberdayaan dan dakwah di masyarakat.
    Kontak Yakesma
    Jalan Teluk Jakarta No.9
    Komp. AL Rawa Bambu, Pasar Minggu,
    Jakarta Selatan 12520
    Telp: (021) 22 789 677 | WA. 0822 7333 3477
    Email: welcome@yakesma.org
    Sosial Media
    2023 - Yayasan Kesejahteraan Madani