July 6, 2022

Kepala Cabang Yakesma Sumbar Lakukan Monev Program Nagari Berdaya di Kota Padang

Responsive image

Kota Padang- Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Kesejahteraan Madani (Laznas Yakesma) Cabang Sumatera Barat melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Pemberdayaan Ekonomi untuk Penggerak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) “Nagari Berdaya Yakesma Sumbar” di Kel. Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah Kota Padang. pada hari Selasa, 14 Juni 2022.

Monev tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Cabang Laznas Yakesma Sumatera Barat Syafri bersama pengurus Laznas Yakesma Cabang Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat langsung pelaksanaan program yang telah berjalan selama 3 bulan.

Program Pemberdayaan Ekonomi UMKM “Nagari Berdaya Yakesma Sumbar” di Kel. Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah Kota Padang telah terbentuk 11 UMKM Produksi Rumah tangga, yang mayoritas Ibu-ibu dengan olahan produk Keripik, Bubur Sumsum, Gorengan, Jamu dan Jajanan.

Pada kesempatan itu Kepala Cabang Laznas Yakesma Syafri mendatangi satu persatu semua UMKM yang telah terbentuk untuk meninjau langsung dan menyempatkan diri untuk berdialog kepada semua penggerak UMKM tersebut.

Selama 3 bulan berjalan Program Pemberdayaan Ekonomi UMKM “Nagari Berdaya Yakesma Sumbar” para penggerak UMKM telah diberikan pelatihan dan peningkatan kemampuan dalam menjalankan usahanya seperti pelatihan pembukuan keuangan, pelatihan manajemen usaha, pembinaan spiritual secara rutin.

Pelatihan-pelatihan yang diberikan Laznas Yakesma Sumatera Barat berdampak pada peningkatan pendapatan usaha UMKM yang senantiasa dilaporkan setiap bulannya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Cabang Yakesma Sumatera Barat menyampaikan harapannya kepada para penggerak UMKM akan terus berkembang dimasa mendatang.

“Insya Allah 9 bulan ke depan kita akan fokus ke scale up usaha dan pengembangan produks,ucap Syafri

Syafri pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan muzakki yang telah memberikan kepercayaan kepada Laznas Yakesma Sumatera Barat dalam pengelolaan dana ziswaf.

“Berkat Ziswaf yang Bapak Ibu Insan Madani salurkan ke Yakesma Sumbar, alhamdulillah sangat berarti untuk keberlangsungan program,”tambahnya.

Tak lupa, Syafri pun berdoa agar Program Pemberdayaan Ekonomi UMKM “Nagari Berdaya Yakesma Sumbar” di Kel. Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah Kota Padang berjalan dengan lancara dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

“Semoga program ini berjalan lancar, berkah dan juga menjadi amalan kebaikan bagi para donatur dan semua yang terlibat,” pungkasnya. (AF)