April 4, 2019

Aksi Kemanusiaan Bencana Yogyakarta

Responsive image

Yakesma lakukan aksi kemanusiaan bencana untuk korban banjir pada (21/03) di Kecamatan Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta. Aksi kemanusiaan ini dilakukan selama 3 hari di wilayah Imogiri. Hari pertama memulai aksi kemanusiaan dengan melakukan assessment di wilayah banjir dan longsor. Kemudian masih di hari pertama tim Yakesma membagikan sembako kepada 20 KK penyintas bencana banjir. Paket sembako yang dibagikan berisi beras 5kg, minyak 1 liter, Gula 1 kg dan 5 pcs mie Instan. Masing-masing KK mendapatkan nilai bantuan senilai Rp.100.000.

Banjir dan Longsor yang terjadi di Imogiri merusak beberapa fasilitas umum dan rumah warga. Yang paling ringan, banjir ini menghanyutkan barang-barang rumah termasuk alat-alat belajar anak sekolah. Mengingat sebentar lagi memasuki masa Ujian Nasional, di hari ke-2 aksi kemanusiaan yang dilakukan tim Yakesma yaitu membagikan school kit untuk 15 anak penyintas bencana banjir di wilayah Imogiri. Paket senilai Rp. 100.000, terdiri dari buku tulis 1 pack, paket pensil Ujian Nasional, dan paket pulpen.

Bencana alam di Imogiri akibat cuaca ekstrem memicu terjadinya curah hujan tinggi. Sehingga beberapa daerah terdampak banjir termasuk Imogiri. Saat tim aksi kemanusiaan Yakesma menyisir daerah terdampak banjir, terlihat masih nampak puing-puing dampak banjir. Maka dari itu, pada hari ke-3  Yakesma melanjutkan aksi kemanusiaannya dengan memberikan bantuan untuk pembersihan puing-puing dan penyediaan sarana belajar di MA Ummatan Wasaton. Uang tunai senilai Rp. 2000.000 diberikan juga kepada pihak MA Ummatan Wasaton.

Penyintas bencana banjir merespon baik semua upaya dan bantuan yang dilakukan oleh tim Yakesma. Aksi kemanusiaan ini sebagai bentuk komitmen Yakesma untuk peduli, membantu dan berbagi kepada sesama.

Baca juga : 5 Hal Yang  Selalu Dilakukan Orang Bahagia