Waqf berasal dari makna kata yang berarti, menahan, diam, atau berhenti. Harta yang berhenti, ditahan dan sudah tidak di gunakan lagi oleh pemiliknya (diam) untuk tujuan kebaikan dan manfaat, maka ia disebut dengan waqaf. Sebagai satu istilah dalam syariah Islam, wakaf dapat diartkan sebagai penahanan hak milik atas materi benda untuk tujuan menyedekahkan manfaat. Jadi dapat disimpulkan bahwa wakaf bertujuan untuk memberikan manfaat atau harta yang diwakafkan kepada orang yang berhak dan dipergunakan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Nazhir Wakaf Yakesma merupakan bagian dari direktorat Program Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) yang  secara legal Notaris Berdiri Sejak 4 Juli Tahun 2011, dan dikuatkan dengan Departemen Hukum dan Ham Republik Indonesia No.AHU.6720.AH.01.04 Tahun 2011 dan sebagai Nazhir Wakaf Nasional dikukuhkan oleh Badan Wakaf Indonesia dengan  No. 3.3.00102 Tahun 2015.

Nazhir Wakaf Yakesma merupakan lembaga Independen yang memfokuskan diri  pada Penghimpunan dan pengeloaan dana wakaf Uang dan Wakaf lainnya yang diproduktifkan untuk sebesar besarnya  kepentingan umat melalui sector dawah Islam, pendiidkan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi umat serta usaha produktif lainnya yang memberikan pengaruh  yang luas bagi kejayaan umat di seluruh Indonesia.

Nazhir Wakaf Yakesma di kelola oleh para praktisi Zakat dan Wakaf, pengiat pemberdayaan masyarakat,  pendidik, dan pelaku keuangan mikro serta  sosial kemanusiaan .

 

 

PROGRAM WAKAF YAKESMA