Perluas Manfaat, LAZNAS YAKESMA Resmikan Cabang Ke-31 di Kaltim

BALIKPAPAN – Lembaga Amiz Zakat Nasional (LAZNAS) Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) akhirnya kembali meresmikan cabang barunya di Provinsi Kalimantan Timur yang berdomisili di Kota Balikpapan, pada Selasa (14/11/2023) pagi.

Ya, peresmian tersebut merupakan cabang yang ke 31, dengan bertempat di Kantor LAZNAS YAKESMA Kaltim Jalan Pattimura, Perumahan Batu Ampar Lestari Tahap IV RT.50 No. B-30, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Adapun launching dihadiri oleh Kepala Cabang LAZNAS YAKESMA Kaltim, Hidayatullah didampingi Direktur Utama LAZNAS YAKESMA, Sahabudin, AK, M.M. dan Perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan, Fajar Muchsony.

Kepala Cabang YAKESMA Kaltim, Hidayatullah mengatakan, bahwa hadirnya LAZNAS YAKESMA sejatinya guna mengelola zakat di wilayah Kaltim secara baik, dan diberikan kepada penerima manfaat (Mustahik) yang benar-benar tepat sasaran.

Direktur Utama LAZNAS YAKESMA, Sahabudin menerangkan, untuk visi misi YAKESMA yakni bertujuan mengingatkan kepada kaum muslim yang wajib zakat untuk segera menunaikan. Kemudian, distribusinya diberikan kepada penerima manfaat yang benar membutuhkan agar bisa keluar dari garis kemiskinan.

Di mana program itu diantaranya, kata dia, yaitu di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa dan bantuan biaya pendidikan. Lalu, dibidang sosial yang cakupannya bervariasi dengan memberi bantuan ke masyarakat terpencil yang memiliki kekurangan air bersih, termasuk daerah bencana.

“Dan program kesehatan dengan mengadakan penyuluhan dan bantuan pengobatan kepada mereka yang membutuhkan,” akunya.

Pihaknya juga bersinergi dengan Badan Amil Zakat (Baznas) dalam program-program kemanusian dan pemberdayaan. Begitupun dengan Kemenag dalam program kampung Zakat, pemberdayaan ekonomi umat dan KUA berdaya.

“Ini sudah kami lakukan diberbagai Provinsi. Alhamdulillah kami telah masuk ke Kaltim, semoga bisa memberikan kontribusi yang lebih baik bagi masyarakat,” harap Sahabudin.

Sementara itu, Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Balikpapan, Fajar Muchsony mendorong YAKESMA untuk segera menyelesaikan izin operasional sebagai aspek legalitas, agar kian membuka lebar gerbang komunikasi bersama lembaga amil zakat lainnya.

Sumber : www.kaltimkita.com

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    KEUTAMAAN SEPULUH HARI BULAN DZULHIJJAH

    Allah melebihkan seseorang dari orang lainnya, memuliakannya dan mengangkat derajatnya. Allah juga memilih tempat beberapa Istimewa melebihi yang lainnya, seperti dua tanah haram dan negeri Palestina yang diberkahi. Allah juga [...]
    Baca
    Tentang Kami
    Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA) didirikan pada 4 juli 2011, sebagai sebuah lembaga amil zakat yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat dan mereka yang telah berjasa dalam pengajaran pendidikan keterampilan pemberdayaan dan dakwah di masyarakat.
    Kontak Yakesma
    Jalan Teluk Jakarta No.9
    Komp. AL Rawa Bambu, Pasar Minggu,
    Jakarta Selatan 12520
    Telp: (021) 22 789 677 | WA. 0822 7333 3477
    Email: welcome@yakesma.org
    Sosial Media
    2023 - Yayasan Kesejahteraan Madani