August 4, 2022

Inilah Keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura

Responsive image

Pada bulan Muharram, banyak kebaikan yang dianjurkan untuk dilakukan setiap pribadi muslim, termasuk melaksanakan ibadah sunnah seperti Puasa Tasu’a dan Asyura. Puasa khusus yang hanya dapat dilaksanakan di bulan Muharram ini memang menjadi ibadah sunnah yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Sebagaimana disebutkan di dalam riwayat Imam Muslim yang berasal dari Abu Hurairah ra, yang artinya: “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam”, (HR Muslim).

Di antara puasa yang bisa dikerjakan pada bulan Muharram adalah puasa Tasua dan Asyura, di mana Puasa Tasua dan Asyura ini adalah puasa yang dikerjakan pada hari ke 9 dan 10 bulan Muharram.

Salah satu keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura adalah diberikannya pahala berlipat ganda kepada siapa saja yang menjalankannya. Imam Ghazali menjelaskan dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin “Barangsiapa berpuasa tiga hari di bulan mulia (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Rajab dan Muharram) di hari Kamis, Jumat dan Sabtu, maka Allah SWT akan mencatat baginya ibadah 700 tahun”.

Selain itu, keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura juga akan menerima imbalan penghapusan dosa satu tahun yang lalu. Allah SWT masih memberikan kesempatan pada hamba-Nya untuk bertaubat melalui ibadah puasa.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Abi Qatadah, bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa Asyura kemudian beliau menjawab, “menebus dosa satu tahun sebelumnya”. Wallahu A’lam Bisshawab.