Wakaf Perguruan Tinggi
adalah Program Nasional Penggalangan Wakaf melalui Uang yang menjadi salah satu program unggulan Nazhir Yakesma dalam bidang pendidikan dengan mendirikan Perguruan tinggi/universitas secara mandiri di tanah wakaf yakesma maupun  bermitra dengan lembaga lain dalam mengembangkan berdirinya perguruan tinggi/universitas. Saat ini, lokasi  pendirian Wakaf perguruan tinggi berada di Limo Depok dan lokasi tanah wakaf yang bermitra dengan STEI SEBI di Sawangan Depok dan dalam proses administrasi pembangunan tahap pertama.
 
 
Wakaf Rumah Sakit
adalah Program nasional Penggalangan  wakaf melalui uang yang merupakan program unggulan Nazhir Yakesma di bidang pelayanan kesehatan  dengan bermaksud mendirikan Sarana pelayanan kesehatan masyarakat berupa Rumah sakit (Klinik), di lokasi tanah wakaf yakesma atau bermitra dengan lembaga lain. Sebagai tahap awal, upaya pembebasan lahan untuk RS berdampingan dengan lokasi lahan wakaf untuk perguruan tinggi/universitas.
 
 
Wakaf Produktif
adalah Wakaf Uang dari masyarakat yang dikelola dan diproduktifkan oleh nazhir yakesma sesuai dengan per undang undangan yang berlaku seperti melalui LKS PWU (Lembaga Keuangan Syariah Pengelola Wakaf Uang) maupun di investasikan  secara langsung dengan tujuan mendapatkan keuntungan / bagi hasil yang maksimal dengan tidak mengurangi pokok wakaf yang ada. Keuntungan/bagi hasil yang diperoleh selanjutnya akan di salurkan kepada maukuf alaih sesuai dengan ketentuan yang berlaku.