KAMPUNG KURMA DI PANTAI UTARA JAWA


Terletak di wilayah pantai utara Jawa, Desa Tanjung Pakis, Karawang menjadi satu desa nelayan yang wajib menjadi perhatian. Pasalnya, desa yang penduduknya mayoritas berprofesi sebagai nelayan ini, memiliki potensi untuk dibangun baik dari segi pembangunan manusianya juga pembangunan sumber daya alamnya sebagai desa wisata Tanjung Pakis.

Sebagai upaya pengembangan potensi tersebut Yakesma melalui program pemberdayaan Desa Pesisir menyelenggarakan kegiatan Penanaman Pohon Produktif pada Rabu (25/4). Pohon produktif yang dipilih adalah pohon kurma. Pohon kurma dipilih berdasarkan potensi pengembangan ekonomi bagi masyarakat. Kondisi lahan diwilayah tersebut juga cocok untuk ditanami Kurma. Hal tersebut telah dibuktikan dengan sebelumnya telah ditanami kurma dan mampu tumbuh, berbuah hingga dipanen.

Sebanyak 54 pohon kurma amanah dari donatur telah ditanam di wilayah desa nelayan Tanjung pakis. Kegiatan yang dihadiri selaku Lurah Desa Tanjung Pakis, tokoh masyarakat, donatur, serta masyarakat penerima manfaat ini berlangsung khidmat bercampur haru dan bahagia. Ditemani deras hujan, kegiatan penanaman pohon kurma terus berlangsung. Kebahagiaan terpancar dari masayarakat penerima manfaat Desa Tanjung Pakis.

“Terima kasih kepada Yakesma yang hari ini datang ke Desa Tanjung Pakis dan memberikan pohon kurma kepada masyarakat Desa Tanjung Pakis. Berharap ini menjadi manfaat dan warna baru bagi Desa Tanjung Pakis.” , terang Bapak Karyo Lurah Desa Tajung Pakis.

Program pemberdayaan penanaman pohon kurma ini adalah tahap awal pemberdayaan desa pesisir Tanjung Pakis. Kedepan program pemberdayaan di Desa Tanjung Pakis akan terus dikembangkan dibanyak bidang. Bersama para donatur dan masyarakat membina dan membangun desa Tanjung Pakis dengan cinta.

(NW/Pmbrdy)