LAYANAN KESEHATAN YAKESMA DI DESA PANIMBANG


Yakesma dalam aksi tanggap bencana terus berupaya membantu di lokasi kejadian. Posko pengungsian telah didirikan Yakesma di beberapa titik di lokasi terdampak bencana tsunami Selat Sunda. Sejak 28 Desember 2018 Yakesma memberikan layanan kesehatan dan trauma healing untuk para korban terdampak bencana di Desa Panimbang, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandegelang.

Untuk pelayanan kesehatan Yakesma menyediakan 1 dokter, 2 perawat, 1 apoteker, 1 trauma healing, dan dua relawan. Layanan kesehatan dimulai pukul 9 pagi hingga sore hari. Pada aksi layanan kesehatan tersebut, 80% peserta aksi layanan kesehatan adalah wanita, anak anak dan lansia. Wargapun memeroleh layanan pemeriksaan metabolic seperti gula darah, tekanan darah, asam urat, kolestrol dan konsultasi kesehatan ke dokter umum. Sedangkan untuk trauma healing, Yakesma melakukan metode bermain bersama dengan tema keislaman.

Aji, salah satu anak yang mengikuti trauma healing, mengungkapkan sangat senang, karena bisa bernyanyi bersama-sama teman-teman.