AKSI YAKESMA TANGGAP BENCANA SELAT SUNDA


Tsunami yang melanda Selat Sunda  pada Sabtu, 22 Desember 2018 pukul 21.27 WIB menyebabkan korban jiwa dan kerusakan lainnya pada sejumlah lokasi di wilayah Banten dan Lampung Selatan.

Tsunami ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh meluapnya air akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan menghasilkan gelombang pasang hingga ke permukaan. Dua kombinasi tersebut menyebabkan tsunami yang terjadi tiba-tiba yang menerjang pantai. BMKG masih berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan faktor penyebabnya.

Pada Minggu (25/12) pukul 16.00 WIB bahwa jumlah korban jiwa meninggal sudah mencapai 429 jiwa, kemudian untuk jumlah korban yang mengalami luka-luka sebanyak 1.485 jiwa dan 154 orang hilang dan 5.665 orang mengungsi. Sementara data kerugian materiil terkait tsunami Selat Sunda juga terus bertambah. Ada 882 rumah yang rusak, 73 penginapan rusak dan 60 warung rusak, 434 perahu dan kapal rusak, 24 kendaraan roda 4 rusak, 41 kendaraan ruda 2 rusak, 1 dermaga rusak, dan 1 shelter rusak. Jumlah itu meliputi korban di 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Serang, Pandeglang, Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus. Dari 5 kabupaten, daerah paling parah terdampak tsunami adalah Kabupaten Pandeglang.

Dalam menanggapi bencana tsunami yang terjadi, Yakesma telah melakukan aksi langsung pada tanggal 23 Desember 2018 dengan menerjunkan 38 personel relawan kemanusiaan untuk membantu mengevakuasi korban, mengantarkan jenazah ke Rumah Sakit terdekat, selanjutnya memberikan bantuan pangan berupa nasi bungkus, penyaluran sembako untuk para pengungsi serta melayani bantuan medis dengan menyediakan 3 Armada ambulans, 2 mobil operasional dan pendirian dapur umum di 2 titik.

Kebutuhan yang mendesak saat ini adalah logistic untuk mengevakuasi korban, Logistik bahan makanan, dan bantuan medis yang lebih banyak lagi.

Adapun alamat Posko Kemanusiaan Yakesma diantaranya berada di Ponpes Istana Mulia , Kel. Bulakan, Kec Cinangka, Kab. Serang, Posko 2 di Kp. Desa Sukamaju, Kec. Labuan, Kab. Pandeglang (depan Toko Ban Sumber Agung Labuan) dan Posko 3 berada di sebrang pom bensin labuan , ruko samping KCP BPJS Ketanaga Kerjaan Labuan.