October 3, 2019

YAKESMA DAN HNI KOLABORASI SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN KABUT ASAP

Responsive image

Yakesma menyalurkan bantuan untuk korban terdampak asap di Riau dan Kalimantan. Bantuan ini disalurkan berkat kolaborasi bersama HNI melalui cabang Yakesma Kep Riau dan Yayasan Lancang Kuning Indonesia.

Yakesma menyalurkan bantuan ke posko layanan kesahatan di daerah terdampak pada (19/9). Penyaluran ini pun diserahkan langsung oleh Direktur Yakesma, Ust. Sahabudin kepada relawan Posko Kesehatan Lancang Kuning. Bantuan yang diberikan berupa oksigen dan obat-obatan khususnya obat untuk penderita penyakit infeksi saluran pernafasan.

Data Per 19 September 2019 posko layanan kesehatan ini melayani 256 pengungsi yang terdiri dari balita, anak-anak, dewasa, ibu hamil dan lansia. Tercatat sebanyak 826 pasiens dirawat dan 1.077 keluarga berkunjung ke layanan kesehatan ini.

Sepekan setelah menyalurkan bantuan di Riau, Yakesma kembali menyalurkan bantuan ke posko layanan kesehatan di Kalimantan Tengah. Penyaluran bantuan berupa obat-oabatan herbal, vitamin dan suplemen diberikan langsung oleh Direksi Yakesma Ust. Sahabudin, kepada posko relawan Yakesma Kalimantan Tengah (28/9). Bantuan berupa vitamin dan suplemen ini dibagi kepada masayarakat khususnya relawan pemadam, relawan Tanaga (tanggap bencana) milik Departemen Sosial dan relawan pemadam kebakaran lokal yang bernama Manggala Agni.

Obat-oabatan, Vitamin dan suplemen yang dibuat dari bahan herbal ini harapannya dapat membantu para relawan meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga dalam menjalankan tugas di daerah kebakaran kutan dan lahan menjadi lebih optimal.

Melihat ada jutaan warga terdampak kabut asap dan lebih dari 140 ribu terkena infeksi pernafasan akut, yakesma menginisiasi bantuan kemanusiaan ini untuk ikut serta membantu menyelesaikan persoalan khussnya kesehatan warga terdampak kabut asap. Berharap dengan bantuan ini dapat membantu relawan dan masyarakat yang sedang menghadapi kabut asap berupa bencana kebakaran hutan dan lahan. Hal ini sebagai bentuk komitmen Yakesma sebagai Lembaga Amil Zakat untuk membantu daerah yang terdampak bencana.