April 15, 2019

Hate and Love MONDAY

Responsive image

Hampir kebanyakan orang di dunia ini tentunya sangat membenci hari Senin atau istilah sekarang I Hate Monday karena mereka yang memiliki profesi sebagai pegawai pemerintahan maupun perusahaan harus mulai kembali beraktivitas keesokan harinya demi mencari nafkah, padahal sebenarnya dari lubuk hati paling dalam masih ingin menikmati hari libur bersama keluarga besarnya terutama bermain dengan anak di rumah. Sehingga, terkadang memunculkan pemikiran untuk mengambil cuti atau ijin dengan berbagai alasan untuk tetap menikmati sehari lagi di rumah, lantaran belum siap menghadapi rutinitas hari Senin, hari di mana dipenuhi dengan setumpuk pekerjaan maupun target yang harus dicapai. Hal inilah yang sepatutnya perlu diubah pemikiran terhadap Hate Monday menjadi Love Monday. Pasalnya, sejatinya semua hari itu sama-sama bagus karena Tuhan menciptakan segala sesuatu tidak mungkin salah. Jadi, kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan harus lebih banyak mencintai hari Senin meskipun dalam hati kecil kita masih belum menerimanya dengan ikhlas.

Bahkan, terkadang tanpa orang sadari bila dengan membenci sebuah hari sama halnya dengan menolak rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan. Sebab, datangnya rezeki tersebut tidak bisa kita yang menentukannya sendiri, melainkan selalu datang yang tidak disangka-sangka tanpa manusia perkirakan. Di samping itu, penulis juga menyampaikan hari Senin janganlah dijadikan beban berat tapi untuk lebih memotivasi sekaligus menyemangati diri kita sendiri dalam menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Ini biasanya hanya dirasakan oleh orang-orang biasa saja yang memiliki pemikiran sempit dibandingkan para miliarder yang  tidak pernah membenci hari sekalipun, karena miliarder menganggap semua hari itu sama. Apalagi, di dalam mencapai sebuah kesuksesan, para miliarder selalu terus aktif dan bersemangat bekerja tanpa mengenal kata menyerah dan mengeluh, termasuk hari Senin sekalipun di mana sebagian orang tidak menyukainya. Mereka orang-orang sukses tentunya memiliki resep mujarab agar orang biasa bisa lebih mencintai hari Senin dengan penuh semangat tanpa ada keluhan. Berikut beberapa kebiasaan orang-orang sukses yang biasanya dilakukan di antaranya:

Bangun Lebih Pagi

Kebiasaan pertama orang sukses itu adalah terbiasa bangun lebih pagi dengan melaksanakan ibadah shalat subuh tiap hari. Dengan beribadah tentunya membuat pikiran kita menjadi lebih fresh dan mata tidak mengantuk. Sebab, ibadah bisa memberikan kita sebuah kekuatan dan pencerahan untuk menghadapi hari Senin, di mana bagi sebagian orang merasa sulit melakukan kebiasaan tersebut. Tapi percayalah dengan Anda bangun lebih pagi tiap hari tidak hanya hari Senin saja, Anda akan jauh memiliki banyak waktu untuk melakukan banyak hal yang bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan.

Berangkat Bekerja Lebih Awal

Orang sukses dalam pekerjaan itu biasanya datang lebih pagi sebelum teman-teman lainnya datang. Sebab menurut mereka, datang lebih awal sama halnya kita sudah siap menjemput rezeki yang akan datang di pagi hari. Selain itu, dengan berangkat lebih awal merupakan nilai tambah positif dalam hal kedisiplinan yang diterapkan oleh perusahaan, sehingga bisa menjadikan kita peluang untuk mendapatkan promosi jabatan dari perusahaan yang mengantarkan ke jalur kesuksesan. Tak hanya itu, sebagai pekerja di bidang pemasaran, dengan berangkat lebih pagi kita bisa menyusun dan menyiapkan agenda tempat mana yang akan dikunjungi secara terperinci.

Sempatkan Berolahraga

Setelah disibukkan dengan padatnya pekerjaan di kantor, tak ada salahnya kita menyempatkan atau meluangkan waktu sejenak untuk berolahraga. Ini bertujuan agar otot-otot di organ tubuh kita yang tadinya tegang, bisa menjadi lebih rileks dan pikirannya lebih fresh. Olahraganya tidak perlu berat, cukup dengan joging atau lari kecil 5-10 menit di pagi hari usai shalat subuh, karena olahraga di pagi hari bisa menghirup udara segar. Sehingga, menjadikan aktivitas bekerja kita lebih bersemangat dalam mencari nafkah.

Selalu Bersyukur

Terakhir, kebiasaan orang sukses adalah bersyukur. Ketika Anda mengeluh di pagi hari khususnya Senin, di luar sana orang-orang sukses selalu memanjatkan syukur sebesar-besarnya atas rahmat Tuhan yang ia dapatkan. Hal ini bukan karena mereka memiliki kehidupan yang lebih, namun ia bersyukur karena ia telah diberikan kesempatan untuk menjalani hidup dan berkarya di hari yang baru, termasuk hari Senin ini. Dan satu hal yang perlu diketahui bahwa mereka melakukan hal ini bukan saat mereka telah sukses, namun saat mereka merintis jalan menuju sukses mereka orang-orang sukses ini juga sudah menjalankannya.

Sumber: Dakwatuna