Peduli Hari Senja, Yakesma Santuni Para Lansia


Setiap manusia pasti mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan dari bayi sampai menjadi tua. Masa tua merupakan masa hidup manusia yang terakhir, dimana pada manusia seseorang mengalami kemunduruan fisik, mental dan social sedikit demi sedikit sehingga tidak dapat melakukan tugasnya sehari-hari lagi. Lansia banyak menghadapi berbagai masalah kesehatan yang perlu penanganan segera dan terintegrasi.

Ketika memasuki masa senjanya para lansia ini cenderung memiliki energi menurun, kulit mulai keriput, gigi mulai rontok, tulang makin rapuh dan sebagainya. Dengan menurunnya stamina para lansia, mereka tidak lagi dapat bekerja maksimal untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari. Minimnya perhatian dari keluarga mereka juga alasan para lansia ini kerap dirundung kesepian dan kesedihan di hari tuanya.

Sabtu pagi (30/04) bertempat di Kampung Kalang Anyar, Desa Kramat Paku Haji, Tangerang – Banten Yakesma memberikan santunan kepada 19 orang lansia yang berusia 70 sampai 90 tahun. Tim Sosial Kemanusiaan Yakesma, mendatangi rumah rumah para lansia yang berada di kampung tersebut. Rumah rumah para lansia umumnya terbuat dari bilik rotan. Tidak ada dinding apalagi cat dengan warna meriah, tidak pakai lantai keramik, penerangan hanya 1 di dalam rumah. Umumnya pengeliatan para lansia sudah kurang berfungsi dengan baik, bicaranya juga tidak sejelas dahulu, berdiripun sudah tidak kuat lama lama.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari, para lansia ini dibantu oleh tetangga sekitar yang bahu membahu memberi makan, minum dan air untuk mereka membersihkan diri.